Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS

Kegiatan ini dilaksanakan secara berkelompok. Dalam satu kelas dibagi menjadi 6 kelompok, dan setiap kelompok diberi tugas untuk diselesaikan. Setelah tugas selesai akan dilakukan presentasi tiap kelompoknya.









Berikut ini rincian tugas dan hasilnya

Tujuan Kegiatan:
Menganalisis Kompetensi Dasar merumuskan IPK dan Kegiatan Pembelajaran Berdasarkan Model Pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
 
Langkah Kegiatan:
1.    Siapkan satu pasang KD pengetahuan dan keterampilan pada mapel dan jenjang yang sesuai Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016! (LK 1a)
2.    Tetapkan target dari pasangan KD tadi! (LK 1b)
3.    Petakan KD pengetahuan ke dalam matrik sumbu simetri kombinasi yang telah disediakan (LK 1c)
4.    Analisis KD tersebut, kemudian rumuskan IPK-nya! (LK 1d)
5.    Desainlah pembelajaran berdasarkan model pembelajaran yang dibagi ke dalam beberapa pertemuan, sesuaikan dengan kebutuhan konten materi yang disajikan! (LK 1e)
6.    Kembangkan butir soal HOTS (LK 1f) berdasarkan Indikator soal yang diturunkan dari  rumusan IPK pada LK 1e.
7.    Simulasikan model pembelajaran berorientasi HOTS sesuai skenario (LK 1e dan 1f), peserta lain menyimak dengan cermat  untuk memberikan saran perbaikan!
8.   Perbaiki hasil desain pembelajaran berorientasi HOTS yang dibuat sesuai saran!

Mata Pelajaran/Tema/Sub Tema           : Agribisnis Ternak Unggas
Kelas                                                    : XI
Kompetensi Inti                                    :
KI 1:     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2:     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,  disiplin,  santun,  peduli (gotong royong,    kerjasama, toleran, damai),  bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif, dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara kawasan regional, dan kawasan internasional.
KI 3:     Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Agribisnis Ternak Unggas pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI 4:     Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Agribisnis Ternak Unggas. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

LK 1a. Format analisis KD

KD Pengetahuan
KD Keterampilan
Menerapkan  prosedur persiapan kandang dan alat untuk pemelihara-an   unggas pedaging
Melakukan   persiapan kandang dan peralatan kandang         untuk pemeliharaan  

LK 1b. Format Penetapan Target KD

KD Pengetahuan
Target KD
Menerapkan  prosedur persiapan kandang dan alat untuk pemelihara-an   unggas pedaging
Mampu melakukan  prosedur persiapan kandang dan peralatan kandang untuk pemeliharaan unggas pedaging
KD Keterampilan

Melakukan   persiapan kandang dan peralatan kandang         untuk pemeliharaan  
Mampu melakukan   persiapan kandang dan peralatan kandang         untuk pemeliharaan  

LK 1d. Format Perumusan IPK


No
KD
Tingkat Kompetensi KD
Proses Berpikir
(C1-C6)
Dimensi Pengetahuan
Materi dan Sub Materi
IPK

1
KD Pengetahuan :

Menerapkan  prosedur persiapan kandang dan alat untuk pemelihara-an   unggas pedaging
Dimensi Pengetahuan:
Menjelaskan persyaratan kandang   untuk pemeliharaan unggas pedaging.



Proses Berpikir Dan Dimensi Pengetahuan:
Melalui penggalian informasi peserta didik mampu: Menjelaskan persyaratan kandang   untuk pemeliharaan unggas pedaging  dengan semangat rasa ingin tahu
-Persyaratan kandang untuk pemeliharaan unggas pedaging
-Langkah-langkah persiapan kandang untuk pemeliharaan unggas pedaging








IPK Penunjang:
Menjelaskan persyaratan kandang   untuk pemeliharaan unggas pedaging

IPK Kunci:
Melalui diskusi peserta didik mampu: Menentukan langkah-langkah prosedur. persiapan kandang unggas pedaging secara gotong royong.
Proses Berpikir:
Penggalian informasi peserta didik dengan semangat rasa ingin tahu
IPK Pengayaan: (Tidak Wajib)



KD Keterampilan


Melakukan   persiapan kandang dan peralatan kandang         untuk pemeliharaan   unggas pedaging.
Tingkat Keterampilan:
Menerapkan persyaratan kandang   untuk pemeliharaan unggas pedaging.
Langkah Proses Keterampilan:
Melalui latihan, peserta didik dapat menerapkan persyaratan kandang   untuk pemeliharaan unggas pedaging secara mandiri.
IPK Penunjang:
Menerapkan prosedur persiapan kandang unggas pedaging

IPK Kunci:
Melalui praktikum, peserta didik dapat Menerapkan persyaratan kandang   untuk pemeliharaan unggas pedaging secara bertanggung jawab.


IPK Pengayaan: (Tidak Wajib)


Tidak ada komentar